IPM Kota Metro Gelar Pelatihan Administrasi

Unknown | Senin, April 07, 2014


Kota Metro, Minggu (6/4/2014), siswa/i Madrasah Aliyah Muhammadiyah Metro yang tergabung dalam Organisasi Siswa Sekolah Muhammadiyah yaitu Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) kemaren mengikuti kegiatan Pelatihan Administrasi, yang diselenggarakan oleh Pimpinan Daerah IPM Kota Metro. Kegiatan tersebut berlangsung selama satu hari, yang bertempat di Gedung MTS Muhammadiyah Metro.

Peserta yang diundang adalah ketua, sekretaris dan bendahara IPM Tingkat Cabang dan Ranting seluruh Kota Metro, termasuk ranting Madrasah Aliyah Muhammadiyah Metro. Dengan demikian peserta yang hadir sekitar 30an orang. Dan peserta sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut hingga selesai sore harinya.

Selama kegiatan tersebut, Sekretaris Umum dan Bendahara Umum Pimpinan Wilayah IPM Lampung di terjunkan langsung untuk menjadi pemateri.  Spesialis Administrasi Kesekretariatan adalah Ipmawan Sodikir, dan spesialis kebendaharaan adalah ipmawati Erma Yuli.

Adapun materi yang sampaikan adalah pertama, Administrasi Kesekretariatan, meliputi mekanisme surat-menyurat,  kelengkapan perkantoran, seperti Buku Tamu, ATK,  file arsip dokumen, peket komputer, data base kader, manajemen pengelolaan perkantoran, notulensi rapat, daftar hadir, papan agenda, buku agenda, struktur organisasi dan lain sebagainya. Kedua, Administrasi Kebendaharaan, meliputi tata cara dan mekanisme pengelolaan keuangan IPM, merancang anggaran keluar dan masuk, merancang anggaran setiap kegiatan, pembukuan dan pelaporan keuangan dan sebagainya. 

Adapun mekanisme kegiatan tersebut adalah dibagi menjadi dua kelompok, kelompok pertama adalah khusus ketua dan sekretaris masing-masing pimpinan tingkat Cabang dan Ranting, dan kelompok kedua adalah khusus bendahara – bendahara IPM tingkat Cabang dan Ranting, serta masing-masing dipandu oleh fasilitator PD IPM Kota Metro.

Harapannya melalui kegiatan tersebut, seluruh ketua, sekeratris dan bendahara baik tingkat Cabang maupun Ranting mampu memahami dan menerapkan di tingkat yang mereka pimpin sesuai dengan fungsinya masing-masing. Dengan demikian tidak ada lagi surat menyurat yang keliru, tidak sesuai dengan panduan, mampu merancang dan menganggarkan dana setiap kegiatan dan melaporkannya, mampu mengelola kesekretariatan dan keuangan sesuai panduan dan lain sebagainya. (Hs)

Pelatihan Administrasi Kebendaharaan

Siswa MAM Metro serius belajar surat menyurat

Siswi  MAM dari tengah dan sebelah kanan

Pelatihan Administrasi Kesekretariatan
Seragam Kuing siswa MAM

Siswa MAM lagi Konsultasi dengan Pemateri


Sekretariat Madrasah Aliyah Muhammadiyah
Kota Metro, 07 April 2014

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by MA Muh. Metro | Bloggerized by MAM Metro - Blogger Themes | Hensu_OK