Siswa/i MA Muhammadiyah Metro ikuti Penyuluhan Kesehatan Tentang Pencegahan HIV/AIDS

Unknown | Rabu, Mei 21, 2014

Madrasah Aliyah Muhammadiyah Metro kerahkan seluruh Siswa/i kelas X dan XI untuk mengikuti kegiatan Penyulusah Kesehatan Tentang Pencegahan HIV/AIDS bagi usia remaja (15 s/d 24 Tahun), yang di fasilitasi oleh Kementerian Agama Kota Metro, Dinas Dikbudpora Kota Metro, Dinas Kesehatan Kota Metro dan Dinas Tenaga Kerja Kota Metro. Kegiatan penyuluhan tersebut dilaksanakan pada hari Rabu, 21 Mei 2014 di Gedung Serba Guna MA Muhammadiyah Metro, sekitar pukul 08.00 s.d 10.40 WIB.


Selain dari MA Muhammadiyah Metro, turut hadir dan berpartisipasi dalam kegiatan tersebut, antara lain : siswa/i dari MA Tuma’ninah Yasin dan Khusnul Khotimah. Dengan demikian, jumlah peserta yang hadir saat itu sekitar 100-an siswa ditambah beberapa pendamping guru dari masing-masing Madrasah yang bersangkutan.

Kegiatan tersebut diselenggarakan dengan maksud mensosialisasikan terkait Pencegahan HIV/AIDS bagi pelajar usia remaja (15 s.d 24 tahun),  kemudian memberikan penjelasan yang sedetail-detailnya kepada pelajar (usia remaja-read) tentang apa sih sebenarnya HIV/AIDS itu.  Disamping itu, perlu rasanya membekali kepada para pelajar (usia remaja-read), agar lebih waspada khususnya dalam menjaga diri sendiri dari bahayanya virus yang menular sekaligus mamatikan itu. Dan memberikan penjelasan tentang bagaimana sikap kita kepada penderita  HIV/AIDS tersebut.

AIDS (Acquired immunodeficiency Syndrome atau Acquired Immune Deficiency Sindrome adalah penyakit yang disebabkan akibat infeksi virus HIV (Human Immunodeficiency Virus) yang mengakibatkan kerusakan pada sistem kekebalan tubuh sehingga menjadi rentan terhadap infeksi oportunistik dan mudah terkena tumor. Karena kekebalan tubuh semakin menurun itulah seorang penderita rentan terhadap berbagai penyakit, bahkan untuk serangan penyakit yang ringan sekalipun.

AIDS hanya bisa menular bila ada perpindahan cairan tubuh seseorang pengidap AIDS kepada orang lain. Hingga kini, virus HIV bisa menyebar hanya lewat empat cara :
  1. Lewat hubungan badan, baik vaginal maupun anal (malalui anus)
  2. Penularan melalui transfusi atau pembauran darah, atau lewat jarum suntik yang dipakai secara bergantian.
  3. Begitu pula dengan ibu pengidap AIDS dapat menularkan penyakitnya kepada bayi selama dalam kandungannya maupun saat kelahiran.
  4. Penularan bayi lewat ASI. (Hendri-Sekretariat MA Muhammadiyah Metro)
Husamudin Siswa MAM Metro sedang
Presentasi saat Diskusi Materi

Aniratun Siswi MAM Metro
sedang Presentasi saat Diskisi Materi

Aniratun sedang Presentasi

Laila & Nurlina siswa MAM Metro
sedang Presentasi saan Diskusi Materi
Saat Pembukaan berlangsung

Saat Pembukaan berlangsung

Persiapan Materi di ruang 2

Persiapan Meteri di ruang 1

Siswa/i MAM Metro lagi dikusi tuh

Siswi MAM Metro agaknya ngeksis tuh saat diskusi

GOOD JOB SISWA/I MAM METRO



Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by MA Muh. Metro | Bloggerized by MAM Metro - Blogger Themes | Hensu_OK